24.6.15

Hasil Pelatihan Aplikasi Komputer / Aplinet 2015

Pelatihan aplikasi komputer/internet bagi mahasiswa baru UMM dilaksanakan selama 6 hari. Kebetulan saya mendapat jadwal Pekan ke 3 pada tanggal 22 Juni - 27 Juni 2015 shift 1 pukul 07.00 - 08.00 di Lab Ekonomi C.

Tujuan diadakannya pelatihan ini yaitu untuk mengajarkan kepada mahasiswa baru untuk menggunakan internet dengan sebaik-baiknya untuk mengerjakan tugas-tugas perkuliahan. Selain itu, kami juga di kenalkan dengan berbagai fasilitas layanan informasi diinternet melalui situs UMM.
Dalam pelatihan ini, saya dan teman-teman shift 1 di bimbing oleh 2 kakak pembimbing yang semuanya adalah Laki-laki. Mereka adalah kakak tingkat kami. Kakak-kakak secara runtut memberikan dan menjelaskan materi dengan jelas, jika ada yang tidak bisa maka kakak-kakak tersebut siap membantu kita dalam membetulkan hal yang kita tidak bisa.

Beberapa materi yang diberikan selama 6 hari aplinet yaitu :
   1. Internet
   2. Browsing
   3. Layanan teknologi informasi di UMM
   4. Email
   5. Blog
   6. E-Learning
   7. Microsoft Excell, Power Point, dan Word

Setiap hari setelah mengikuti kegiatan, kami selalu mendapat tugas yang harus di kerjakan diluar jadwal aplinet. Kami harus mengerjakan tugas Evaluasi yang terdiri dari 3 bagian, tugas membuat artikel pada blog, dll. Tetapi secara keseluruhan, kegiatan ini sangat penting, berguna, dan seru juga.
Berikut adalah tips dari saya agar dapat lulus dalam pelatihan aplinet ini :
  1. Usahakan untuk selalu hadir dalam kegiatan ini selama 6 hari. Karena presentase kehadiran untuk mencapai kelulusan adalah 80%. Jadi jangan sampai kita tidak masuk lebih dari 1 kali. Karena jika kita tidak masuk lebih dari 1 kali, maka kita dianggap tidak lulus.
  2. Pahami materi apa saja yang di sampaikan oleh kakak-kakak pembimbing. Praktekan apa yang di perintahkan supaya kita bisa selalu ingat langkah-langkah yang diberikan oleh kakak pembimbing. Jika kita belum memahami atau masih belum jelas dengan apa yang di sampaikan, jangan sungkan untuk bertanya.
  3. Kerjakanlah tugas-tugas yang diberikan selama aplinet ini dengan baik. Menjawab evaluasi dengan baik sehingga bisa mendapatkan nilai yang paling baik. Dalam pengerjaan evaluasi disediakan 2 kali kesempatan untuk memperbaiki nilai agar dapat yang terbaik.
  4. Jika ada hal yang tidak di mengerti / belum jelas saat mengerjakan tugas-tugas di rumah, di persilahkan untuk menghubungi kakak pembimbing melalui kontak yang sudah diberikan saat pelatihan di dalam Lab.

Demikian hal yang dapat saya sampaikan dari hasil saya mengikuti aplinet selama 6 hari ini. Jika ada kesalahan kata, mohon maaf. Semoga informasi ini berguna untuk teman-teman yang akan mengikuti Aplinet pekan berikutnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar