23.6.15

Mengenal Daerah Saya

Saya berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Saya di lahirkan di kota Makassar. Tetapi pada saat saya berumur 3 tahun, orang tua saya pindah ke Jawa. Di Jawa pun, kami sering pindah-pindah karena tugas ayah. Dan akhirnya hingga saat ini, keluarga kecil saya memutuskan untuk membuat rumah di kota Madiun, Jawa Timur. Walaupun orang tua saya masih pindah-pindah lagi setelah itu.  Kota ini adalah kota rantauan saya. Karena sejak SMP, SMA saya berada disini dan tanpa saudara.Berikut adalah postingan saya mengenai kota tempat tinggal saya, yaitu Madiun Jatim. Yuk baca yuk...



Budaya :

 


            Madiun adalah salah satu kota kecil di provinsi Jawa Timur. Meskipun kota kecil, tapi ada 5 Mall loh disini. Kota ini mempunyai julukan "Madiun Kota Gadis" . Gadis sendiri mempunyai kepanjangan Pergadangan dan Industri. Karena di kota ini terdapat 3 pabrik gula, jadi mungkin seperti itu julukannya.

            Orang-orang asal Madiun dan juga pendatang biasanya menggunakan bahasa sehari-hari mereka dengan Bahasa Jawa Ngoko. Kecuali jika berbicara dengan para sesepuh baru menggunakan Bahasa Krama Lugu. Masih menjaga budaya asli, yaitu menghormati para sesepuh di kota ini.
           Misalkan saja saat datangnya Bulan Suro, di kota ini menjadi pusat perkumpulan dan dipenuhi oleh orang-orang yang mengikuti perguruan Setia Hati. Yang saat tanggal 1 Suro selalu mengadakan konvoi.


Makanan Khas :

          Madiun mempunyai cukup banyak makanan khas. Yang paling terkenal yaitu Pecel Madiun dan Brem.

          Pecel Madiun sendiri merupakan Nasi yang di beri sayur (tauge, daun singkong, turi, dll) lalu atasnya di siram oleh sambel kacang khas Madiun. Sebagai alasnya kebanyakan tidak menggunakan piring, tetapi menggunakan daun pisang. Hampir di semua jalan di kota ini selalu terdapat warung Nasi Pecel. Yang rasanya tentu berbeda-beda. Harganya pun terjangkau dan tidak mahal.
          Selain itu juga ada Brem. Brem merupakan makanan yang terbuat dari sari ketan yang dimasak dan dikeringkan, merupakan hasil dari fermentasi ketan hitam yang diambil sarinya saja yang kemudian diendapkan dalam waktu sekitar sehari semalam. Sensasi makanan ini muncul ketika makanan dimasukkan ke dalam mulut akan langsung mencair dan lenyap meninggalkan rasa 'semriwing' di lidah.

Ciri Khas :

          Madiun merupakan salah satu kota yang di lewati oleh sungai Bengawan Solo. Sungai ini terbentang di tengah kota.

         Ada pula PT. INKA yaitu sebagai DAOP VII pengoperasian perkeretaapian di Jawa.



         Yang paling menarik dari kota ini, yaitu terdapat Monumen Kresek yang terletak di Desa Kresek Kecamatan Wungu, Madiun.  Monumen ini di bangun pada tanggal 10 Juni 1991. Di Monumen Kresek inilah merupakan tempat bersejarah bagi para pejuang yang gugur dalam keganasan para PKI tanggal 30 September 1948. Sehingga sampai saat ini Monumen Kresek selalu ramai di kunjungi oleh masyarakat yang ingin mengenal sejarah.


1 komentar:

  1. Saya orang makassar yg menikah dengan wanita asal magetan goranggareng, tetangganya madiun. Kami srkarang menetap di makassar.

    BalasHapus