24.6.15

Bagaimana sih jurusan IESP itu ?

Di UMM ini, saya memutuskan untuk memilih fakultas Ekonomi dan Bisnis jurusan Ekonomi Pembangunan. Padahal saya adalah anak IPA, tetapi entah mengapa saya tertarik untuk mengambil jurusan yang termasuk prodi IPS ini.
Secara kalau dipikir-pikir, dasarpun saya belum mempelajarinya. Bismillahirrohamnirrahim.. tapi saya yakin saya bisa mengikuti semuanya nanti sampai selesai.
Di UMM sendiri, jurusan ini memiliki Visi, Misi, dan Tujuan sebagai berikut :

Visi :
Menjadi Program studi terkemuka dalam pengembangan ilmu ekonomi pembangunan berbasis jiwa wirausaha (entrepreneurship) dan nilai-nilai Islam.
Misi :
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berkualitas guna menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dibidang ilmu
    ekonomi pembangunan didukung oleh jiwa wirausaha dan nilai-nilai Islam.
  2. Menyelenggarakan penelitian ilmu ekonomi di bidang industri, keuangan perbankan dan perencanaan pembangunan, baik
    penelitian dasar maupun terapan.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang industri, keuangan perbankan dan perencanaan
    pembangunan yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak untuk membangun jaringan kelembagaan yang berwawasan keilmuan dan keahlian dalam lingkup regional, nasional maupun internasional.
Tujuan dan Sasaran :
  1. Terlaksananya proses pendidikan bermutu untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dibidang ilmu ekonom pembangunan didukung oleh jiwa wirausaha dan nilai-nilai Islam.
  2. Terlaksananya penelitian ilmu ekonomi di bidang industri, keuangan perbankan dan perencanaan pembangunan, baik penelitian
  3. dasar maupun terapan yang bermanfaat bagi pengembangan keilmuan maupun masyarakat.
  4. Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat dibidang industri, keuangan perbankan dan perencanaan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  5. Terjalinnya kerjasama dengan berbagai pihak untuk membangun jaringan kelembagaan yang berwawasan keilmuan dan keahlian
  6. dalam lingkup regional, nasional maupun internasional guna meningkatkan mutu program studi..
Sasaran :
Sasaran Program Studi Ekonomi Pembangunan adalah menghasilkan sarjana ekonomi yang memiliki kompetensi di bidang ilmu ekonomi, bidang industri, keuangan perbankan dan perencanaan pembangunan didukung oleh jiwa wirausaha dan nilia-nilai Islam.

Berikut adalah beberapa hal yang saya tahu mengenai jurusan Ekonomi Pembangunan :

- Perkembangan jurusan Ekonomi Pembangunan
Program studi Ekonomi Pembangunan biasa disebut juga sebagai Ilmu Ekonomi. Program studi ini berdiri di bawah naungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Di UMM, prodi ini terdapat 2 konsentrasi. Yaitu konsentrasi Ekonomi Pembangunan dan Instansi Perbankan. Dalam jurusan ini, bahasan utamanya adalah persoalan pembangunan di negara-negara berkembang, keuangan, perbankan, dan perencanaan pembangunan.

- Prospek kerja dari jurusan Ekonomi Pembangunan sangat banyak. Kita bisa bekerja di Instansi Perbankan, BAPPEDA, PEMDA, BEI, Pegadaian, dll.

Sumber Visi, Misi, dan Tujuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar